Monday, September 3, 2012

Tentang Kitab Mafahim Yajib An-Tushahhah


Buku ini adalah sebuah karya besar dari seorang ulama besar. Judul aslinya adalah Mafahim Yajib An Tushahhahyang pada edisi terjemahan ini diberi judul Meluruskan Kesalahpahaman. Buku ini disusun oleh Prof. DR. As-Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani, seorang ulama berpengaruh dari kota Makkah, keturunan keluarga Nabi Muhammad Saw.

Buku ini menjelaskan apa yang diakui rumit oleh banyak orang. Juga membahas secara jelas berbagai permasalahan yang membuat banyak orang bingung karenanya. Buku ini benar-benar diakui istimewa di dalam bidangnya, serta sejalan dengan pemahaman akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah.

Dalam buku ini As-Sayyid Al-Maliki mengulas berbagai permasalahan secara proporsional, menjauhi sikap berlebihan, serta bersikap adil. Beliau juga mencoba memperbaiki berbagai pemahaman keliru sambil memberikan nasihat kepada saudara-saudara kaum Muslimin dengan menggunakan berbagai dalil yang qath’i serta argumentasi yang baik, benar, dan rasional.

Buku ini dibagi menjadi 15 bab inti. Setiap bab terdiri dari banyak sub bab, sehingga akan memudahkan kita dalam membaca dan memahaminya. Berikut adalah judul-judul bab dalam buku ini:

 - Ukuran untuk menilai keimanan, kekufuran dan kesesatan orang lain
- Pengagungan antara penyembahan dan etika
- Tentang Perantara
- Tasawuf: Pakaian Kepalsuan?
- Seputar Bid’ah
- Tentang Mazhab Asy-ariyyah
- Tentang Tawasul
- Tentang Syafa’at
- Keistimewaan Nabi Muhammad Saw
- Hakikat Nubuwwah dan Basyariyyah
- Tentang Tabaruk
- Kehidupan Para Nabi di Alam Barzakh
- Ziarah kubur dalam pandangan ulama
- Tabaruk dan peninggalan Nabi
- Seputar peringatan hari besar Islam

No comments:

Post a Comment